Senin, 10 November 2008

Teori Permintaan 3

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pergeseran Kurva Permintaan

Ketika menggunakan pendekatan ekonomi untuk menganalisa permintaan konsumen terhadap suatu barang, maka yang dilakukan adalah menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang itu sendiri (Tjahjaprijadi, 2003). Jika pada bagian sebelumnya menjelaskan pengaruh biaya kesempatan suatu barang, maka penjelasan selanjutnya adalah mengenai pengaruh faktor-faktor lain selain harga dari barang itu sendiri yaitu harga barang lain, pendapatan, selera, dan ekspektasi. Jika pada bagian sebelumnya disebutkan bahwa ketika menggambar kurva permintaan, yang dilihat adalah pengaruh bermacam-macam harga suatu barang dengan mengasumsikan faktor-faktor selain harga barang tersebut tetap. Maka jika faktor-faktor selain harga barang itu sendiri yang berubah pada berbagai tingkatan harga, kurva permintaan akan mengalami pergeseran.

>>>Harga Barang Lainnya
Hubungan antara suatu barang dengan jenis barang lainnya bisa dibedakan menjadi dua kelompok: Barang Substitusi atau Barang Pengganti, suatu barang disebut barang substitusi terhadap barang lainnya apabila ia dapat menggantikan fungsi dari barang lain tersebut; Barang Komplementer atau Barang Pelengkap, suatu barang disebut barang komplementer terhadap barang lainnya apabila barang tersebut selalu digunakan bersama-sama dengan barang lainnya. Sebagai tambahan, ada pula istilah barang netral, dimana dua jenis barang yang tidak memiliki kaitan yang kuat maka perubahan atas permintaan barang tersebut tidak akan mempengaruhi barang lainnya.

>>>Pendapatan Konsumen
Perubahan dalam pendapatan akan menimbulkan perubahan terhadap permintaan berbagai jenis barang. Perubahan pendapatan mempengaruhi bagaimana budget-constraint seseorang, menyebabkan orang tersebut harus merubah permintaannya terhadap barang dan jasa (Dillingham, 1992). Berdasarkan ciri-ciri perubahan permintaan yang akan terjadi apabila pendapatan berubah, maka berbagai jenis barang yang ada bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu: Barang Normal, yaitu barang yang akan mengalami kenaikkan permintaan jika pendapatan meningkat; Barang Inferior, yaitu barang yang permintaannya akan naik justru karena pendapatannya berkurang. Atau sebaliknya, jika pendapatan bertambah, maka permintaannya akan turun.

>>>Selera Masyarakat
Selera mempengaruhi konsumsi seseorang dalam hal kerelaan orang tersebut untuk membayar (willingness to pay) barang tertentu (Dillingham, 1992). Semakin banyak orang menyukai barang tertentu (mengecualikan faktor harga) akan meningkatkan jumlah yang diminta dari barang tersebut dan menurunkan jumlah yang diminta dari barang lainnya.

>>>Ekspektasi Di Masa yang Akan Datang
Perubahan-perubahan yang diperkirakan akan terjadi di masa yang akan datang dapat mempengaruhi permintaan saat ini. Perkiraan bahwa harga akan bertambah tinggi dimasa yang akan datang, dapat mendorong jumlah pembelian yang lebih banyak pada saat ini. Demikian juga sebaliknya bila perkiraan harga-harga akan turun, maka hal tersebut akan mendorong penundaan pembeliaan sehingga mengurangi jumlah pembeliaan saat ini. Faktor lain seperti ketidakpastian kondisi ekonomi-sosial-politik di masa depan juga bisa mempengaruhi permintaan saat ini.

0 komentar: