Kamis, 10 April 2008

Cara Menghentikan Inflasi Menurut Mises

Ludwig von Mises (1881-1973) merupakan salah satu ekonom Austria terkemuka di zamannya. Pada tahun 1912 dia menyelesaikan karya rintisannya yang berjudul The Theory of Money and Credit. Karya ini menyajikan model canggih yang menentang teori kuantitas uang Fisher. Money and Credit memberikan mata rantai yang hilang antara ekonomi mikro dan makro.

Ada cerita menarik mengenai Mises terkait dengan inflasi.

Banyak negara-negara bekas Perang Dunia 1 harus menanggung beban berlebihan sebagai akibat Perjanjian Damai. Austria yang merupakan salah satu diantaranya, mengalami hiperinflasi. Ketika hiperinflasi mencapai puncaknya, komisi dari Liga Bangsa-Bangsa di kirim ke Vienna. Bersama dengan pejabat pemerintah Austria, mereka menemui Mises untuk meminta nasihatnya tentang bagaimana cara mengakhiri inflasi. Mises menjawab dengan kasar, ”Temui saya jam 12 malam di gedung ini dan saya akan memberitahukan caranya.” meskipun tersinggung, para pejabat tetap menuruti permintaannya. Pada tengah malam ditempat yang dijanjikan, mereka kembali bertanya, ”Profesor Mises, bagaimana cara kita bisa menghentikan inflsi?” Mises menjawab, Kalian dengar suara berisik itu? MATIKAN!!”

Ternyata Gedung tempat pertemuan itu adalah kantor percetakkan negara, dan suara berisik itu berasal dari suara mesin yang mencetak uang kertas. Pemerintah Austria akhirnya menghentikan pencetakkan uang kertas dan inflasi pun berakhir.

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/cara_menghentikan_inflasi_menurut_mises/