Selasa, 29 April 2008

Halal Ga Ya? Boleh Ga Ya?

Kalo dulu browsing internet cuma sekedar liat-liat Email, bahan buat tugas, ama download manga, maka sekarang ada insentif lain. Apa lagi kalo bukan: UANG!!! Ini baru saya tahu kurang dari satu bulan lalu, ternyata bisa ya nyari UANG TAMBAHAN dari browsing di internet.

Bohong kalau ga tertarik jika diiming-imingi mendapat uang dengan cara yang mudah. Saya salah satunya. Pastinya ga sembarangan. Kalau cuma sekedar penawaran ga jelas, saya juga males ngeladenin-nya. Tapi setelah mencari referensi dan artikel terkait yang menjelaskan beberapa situs penghasil uang yang ”terpercaya”, ternyata luluh juga hati ini. Jadilah saya ikutan. Relatif MUDAH, dan yang pasti GRATIS. Jadi ga ada risiko kehilangan uang.



Tetapi tetep aja suka muncul pertanyaan: ”beneran ga sih kita bakal dibayar?” Mencari di beberapa blog orang, diantaranya memang menunjukkan bukti bahwa mereka ikut, dan mereka dibayar. Tetapi tetep aja suka muncul keraguan.

Pertanyaan lainnya, ”Boleh ga sih ama agama (Islam)? Halal ga?” Itu pertanyaan terpenting.

Seperti yang diketahui, kebanyakan sistem MLM (kalau ga mau disebut semua) dilarang oleh Islam. Ga hanya sistem MLM aja sih. Perdagangan yang memiliki sifat yang mendekati perjudian pastilah dilarang. Ketidakjelasan apa yang dijual dan keuntungan didapat bukan karena menjual produk juga termasuk dilarang. Apa lagi memperoleh uang tanpa bekerja dan bermalas-malasan, itu lebih tidak disukai lagi.

Trus gimana ya dengan situs-situs penghasil uang yang dimaksud? Di antara situs-situs tersebut, disebutkan bahwa mereka tidak menggunakan sistem MLM (itu menurut mereka), produk yang dijual jelas (itu menurut mereka), dan insentif (kompensasi) diberikan karena kita menyebarkan informasi mengenai mereka (sekali lagi, itu menurut mereka). Apakah benar ato tidak? saya sendiri belum bisa jawab... Kalau ada pembaca yang mau berpendapat, silakan berpendapat. Itung-itung bagi-bagi ilmu-ilmu... Sekalian juga jadi petunjuk buat saya memutuskan apakah akan terus ikutan atau keluar dari kegiatan ini.

Dibagian lain dari blog ini, nantinya saya coba menjelaskan beberapa situs penghasil uang. Karena dalam menjual suatu barang, kita harus memegang prinsip tidak ada informasi yang ditutupi agar nantinya pembeli tidak merasa tertipu, maka akan saya coba jelaskan secara apa adanya, kekurangan dan kelebihannya. Kebanyakan berdasarkan pengalaman (yang masih seumur jagung) saya.

0 komentar: